5 Hal yang Biasanya Saya Lakukan Saat Traveling

Pardon my poor grammar, dear grammar nazi T__T
Walau traveling-nya juga enggak sering-sering amat, saya mencatat ada beberapa kebiasaan yang selalu saya lakukan saat saya sedang jalan-jalan. Kebanyakan sih kebiasaannya berhubungan sama konten blog sendiri, mungkin karena punya blog ya jadi sepertinya punya tanggung jawab aja gitu untuk cari bahan dan ide buat diceritain lagi nanti di blognya. Karena menurut saya, menulis di blog itu (walaupun jaranggg banget) hiburan banget buat saya. Semoga yang membaca blog saya juga (kalau ada) merasakan hal yang sama, syukur-syukur bisa membantu dan kasih manfaat, ya.


1. Curhat di gadget

Iseng-iseng saya yang pertama adalah suka curhat ga jelas via HP ataupun gadget lainnya saat saya di perjalanan. Isi curhatnya biasanya hal-hal yang saya temui dan lakukan saat itu, semacam daily activity, tapi pas lagi jalan-jalan.
Saya tuh ngeh-nya ketika sedang iseng membuka-buka folder inbox di Yahoo dan ternyata saya menyimpan backup beberapa catatan yang saya tulis pas saya jalan-jalan. Biasanya saya nulis di atas kendaraan menuju ke suatu tempat atau menjelang tidur di penginapan. Maksudnya sih supaya enggak lupa karena pelupa itu semacam nama tengah saya T__T, jadi biasanya saya 'cerita' di notepad gadget saya yang bisa di sync ke email. Jadilah beberapa catatan saya muncul di inbox email saya itu.
Hati senang bukan kepalang, kehilangan bahan ngeblog bukan lagi penghalang. Kadang kalau ada info-info dari misalnya kebetulan guide lokal memberi banyak info mengenai sejarah lokasi wisatanya, saya lebih senang mencatat di HP daripada ditulis di kertas. Mestinya sih jempol saya udah six pack tuh gegara hal ini hehehe...

2. Ambil Foto Sebanyak-Banyaknya

Kebiasaan orang untuk me-recall kenangan-kenangan manisnya; salah satunya (mungkin) kenangan tentang pengalaman jalan-jalannya emang berbeda-beda. Ada yang cukup pake memori di otak untuk nanti diingat-ingat kembali kapan saja, tapi ada yang juga yang menyimpannya dalam bentuk yang lebih realistis lagi. Saya termasuk yang kedua, dan kenangan itu biasanya berupa foto-foto. Tidak selalu mesti ada sayanya sih di foto-foto tersebut (bukan penganut selfie penantang maut juga, ahem...), bahkan bisa dibilang kegiatan selfie saya cuma sekitar 5%. Sisanya memori kamera pasti dihabiskan buat capturing keadaan real atau hal-hal yang menurut saya menarik di lokasi-lokasi jalan-jalan saya. 
Saya bisa melihat muka saya kapan aja, tapi enggak dengan tempat-tempat baru yang sudah pernah saya jelajahi. Kalau lagi engga malas, maka kenangan itu bisa juga berubah jadi jurnal atau catatan perjalanan yang biasa nongol di blog ini, he he he.
Pada praktiknya, bahkan untuk mengumpulkan foto-foto traveling saya aja kadang suka enggak sempat. Kendalanya bisa karena saya saat itu lagi enggak bisa ngeluarin kamera (bahkan kamera HP sekalipun), ataupun sayanya lagi bad mood berat karena capek. Makanya saya sengaja ambil banyak-banyak foto ketika mood saya masih bagus dan saya masih segar. Cara lainnya, yaitu harus niattt...banget mau ambil gambar karena berfikiran; 'belum tentu saya bisa lihat atau datang lagi ke tempat ini dikemudian hari' (kejadian banget saat November 2014 lalu saya ke Nepal, dan bulan April 2015 lalu Nepal diguncang gempa maha dasyat T___T #PrayforNepal).

Untuk menghargai hasil karya sendiri (hehehe), saya juga iseng-iseng membuat blog yang mengkhususkan pada kumpulan hasil jepretan iseng-iseng saya tanpa teknis ilmu potografi dari negara-negara atau kota yang sudah pernah saya sambangi di http://valiantlee.blogspot.com/

Mampir yaaa ^^



Supaya enggak bosen, kadang saya juga bikin tema-tema tertentu yang nantinya bisa saya collage. Misalnya hastag #fromwhereIstand yang picsnya banyak muncul di Instagram. Atau foto yang sengaja saya ambil dari pantulan traffic safety convex mirror alias kaca cembung di persimpangan jalan atau di pojok mini market.  Ya, buat seru-seruan aja hehe...
#FromwhereIstand  - Thanks @Addyana for the collage
 
Enggak boleh liat traffic convex mirror nganggur hahaha...
Atau...bisa juga foto dengan tema ini; abang-abang jualan cakep di Seoul 
 
3. Ngumpulin Tiket dan Brosur 






Selain karena punya ciri khas design yang menarik dan beda-beda, sobekan tiket itu bisa jadi penanda kalau saya sudah pernah loh ke tempat tersebut. Atau mungkin karena saya jenis orang yang sentimentil yang senengnya ngumpulin 'kenangan', lalu susah move on #lhacurcol.

Eh, tapi sisi seriusnya, ngumpulin tiket dan peta itu berguna banget buat kalo nanti kita mau bercerita lagi via blog soal jalan-jalan tempo hari bakal kebantu banget begitu giliran harga-harga tiket dan budgeting yang sering ditanya sama orang-orang. Tuhkan, ujung-ujungnya memang pasti buat blog deh, indahnya berbagi.


4. Mencoba makanan/cemilan lokal.

Sepanjang saya yakin kalau makanan dan cemilan yang saya temui pas traveling enggak mengandung bahan-bahan yang menurut keyakinan saya dilarang,  biasanya saya penasaran pengen banget nyoba. Apalagi kalo udah yang namanya dessert, es krim dan yang manis-manis lainnya...hmmm wajib banget mesti ngerasain!

Merasakan kearifan lokal itukan salah satunya dengan nyobain makanan khas setempat (^.^)




5. Having Fun :)



And what matter the most is...Having Fun! nikmati jalan-jalannya. Tidak perlu ngoyo untuk memenuhi target itinerary. Apalagi itinerary orang lain, kalau saya sih gitu anaknya. Kekuatan dan kemampuan orang itu kan memang beda-beda. Si A bisa sanggup ke 5 destinasi wisata dalam satu hari, belum tentu si B mampu. Jadi pas bikin itinerary juga harus dipikirian tuh kesanggupan dan kemampuan secara fisik dan tentunya secara budget. Kalau lebih tertarik dengan bangunan tua dan menelusuri kota, ya lakukan saja. Kalau sudah senang hanya dengan nongkrong-nongkrong di dekat stand makanan, ya monggo juga ... bebas, sebebas orang memilih mau traveling dengan koper atau backpack.


4 comments:

lovelydebz said...

Serunyaaaaaa...kapan ya bisa jalan bareng kamyu karena sepertinya akan sangat menyenangkan :)

Tatz Sutrisno said...

@tante Debz,

Doain bisa main2 ke Canada visit rumahmu lalu kits jalan-jalan bareng yak! ^^

shikidroid said...

wah, asik-nya bisa tour~
moga-moga w jg bisa...
btw, tour-nya bareng teman2 ya? ntuh tmn s'kampus? s'kantor? ato sesama backpackers?

Tatz Sutrisno said...

@Shikidroid.

temennya kebetulan yg hobinya sama-sama. Bisa dari kantor, kampus atau kenal di sosmed. Yang penting cocok kalau jalan bareng.