Wristband

Beberapa waktu lalu benda ini sempet banget booming baik itu di luar negeri (well, awalnya sih emang dari sono) sampe merembet ke Indo. Rubber band atau Wristband yang terbuat dari latex (karet) dan dipake di antara betis dan lutur (ya enggak lah, namanya juga Wrist band jadi pakenya ya ditangan, hehehe) punya macem-macem bentuk dan warna. Biasanya warna-warna itu punya arti sendiri, karena rubber band kebanyakan dipake sebagai penanda kalo orang yang make itu mendukung ato mengkampanyekan sesuatu. Seorang temen gw pernah juga bilang kalo rubber band ini mula-mulanya dipake sama para pebasket pro dan ga lama jadi trend (apa sih yang ga trend kalo dipake sama para pebasket sekelas michael jordan ato scottie pippen, untung mereka ga pake boxer dikepala, kalo booming juga kan gawat tuh)

Back to that thing. Rubben band yang punya banyak warna itu biasanya mewakili dukungan – dukungan tertentu. Misalnya kalo diamrik sono warna orange itu artinya mendukung yayasan kanker prostat, terus kalo pink itu breast cancer, biru itu anti bullying, dan seterusnya (saya ga apal hehehe)

Lalu indonesia punya gak yang kek begituan? Oh, tentu punya. Sering merhatiin Dik Doang engga kalo lagi bawain acara di tipi? Nah perhatiin deh, dia itu sering pake gelang warna merah entah ditangan kanan ato tangan kirinya (saya belum periksa pergelangan kakinya sih). Dia itu pake gelang solidaritas kebersamaan artinya si Dick ini mendukung sebuah yayasan yang namanya tunas cendekia yang memfokuskan diri pada bantuan bagi anak-anak indonesia. Gelang ini ga secara Cuma-Cuma dia pake loh, tapi dia itu beli, dan secara ga langsung dia telah nyumbang ke yayasan tersebut.

Saya juga punya satu, tapi sayang udah putus jadi ga pernah saya pake lagi (pernah sih nyoba nyambungin lagi pake nasi, tapi ga mempan tuh), selain itu saya juga punya yang warna pink glo-in-de-dark bertuliskan Live Strong (mendukung penelitian kanker) sama gelang warna hitam-putih yang unik bgt karena dua gelang itu terkait satu dan lainnya, tulisan di gelangnya sendiri berbunyi stand up speak up yah kira-kira artinya kalo ngomong sambil berdiri harus kenceng suaranya hehehe..*ngarang*

Tapi sejak perusahaan kapitalis juga ikut-ikutan memproduksi gelang itu tanpa arti dan dijadiin bonus disetiap produknya, tiba-tiba gelang itu (menurut saya) kehilangan maknanya, dan jadi ga okeh lagi kalo dipake, ga tau kenapa males aja kalo pake gelang yang ada tulisanya *misalkan* Frisian Flag atau Indofood, meaningless kan?. Malahan mereka itu memproduksi bermacam-macam warna lagih..bikin bingung yang make dan yang liat.

Kenapa saya tiba-tiba iseng nulis ini? saya tulis gara-gara tadi pagi saya liat orang pake gelang warna kuning dengan tulisan salah satu perusahaan kapitalis diatas, ayo tebak yang mana?

Hehehe

3 comments:

Ronn said...

Wah.. kebetulan gw pernah nulis artikel tentang gelang2 ini dan sejarahnya di majalah Kiddo.

Jadi... gelang karet ini awalnya berwarna kuning, dengan nama Livestrong Yellow Rubber Band dipopulerkan dan diciptakan oleh Lance Armstrong, pembalap sepeda dan juara Tour De France terbanyak dalam sejarah, sebagai cara untuk mengumpulkan dana bagi salah satu yayasan yang diendorsenya. Lance sendiri adalah mantan penderita kanker prostat (klo ga salah).

Yudhis said...

wah sayang ya sudah putus. Tapi berkat bantuannya, anak-anak Indonesia sudah bisa sedikit tersenyum :) jangan lupa beli dan pakai lagi ya :D

Salam kebersamaan!

zuki said...

kemaren naek busway lihat orang pake kaos I am proud being Indonesian" ... boleh juga, tapi nggak enak nanya belinya dimana ... :)

nggak nyambung komentarnya ya? :-P