1000 lampion di angkasa pelataran Candi Borobudur



Awal bulan Mei kemarin, saya dan beberapa teman baik berangkat menuju Jogjakarta. Perjalanan singkat ini memang sudah direncanakan sih dari jauh-jauh hari. Karena engga' hanya sekedar jalan-jalan di kota gudeg ini, tapi kita memang khusus ke Jogja buat ikut menyaksikan (karena tidak ikut merayakan) sebuah event tahunan dari masyarakat umat Buddha; yaitu perayaan Waisak di Candi Borobudur.

Alasan lebih simplenya, karena teman-teman saya sangat tertarik sama sebuah scene di film 'Arisan 2' dimana dalam sebuah scene di film itu, para pemain filmnya melepaskan lampion-lampion ke angkasa dalam event yang sama. Mungkin event tahun lalu. Lampion-lampion itu di tengahnya ada semacam sumbu/lilin untuk disulut api sehingga mampu menerbangkan lampion-lampion yang kini berpijar api ke langit pelataran Candi Borobudur. Menariknya, sebelum lampion-lampion tersebut dilepas ke udara, kita bisa menulis pengharapan dan doa pada kertas lampionnya  - seru dan amat sangat memorable ^^



Pelepasan lampion-lampion tadi memang (untuk para pengunjung) sebagai acara puncak yang paling di tunggu di event Festival Waisak tahunan ini, dan melihat lampion-lampion itu terbang satu per-satu ke udara itu adalah perasaan yang engga' bisa di gambarkan dengan kata-kata. Super Exited ! a memorable journey banget deh. 

Padahal siangnya sempat khawatir, karena ternyata hujan terus menerus mengguyur Jogja, tapi syukur banget pas acara puncak di gelar malamnya, hujan serta-merta sirna, loh. Langit di penuhi gumpalan awan-awan kecil. Bulan bulat sempurna dan tampak terlihat lebih besar dari biasanya (it's supermoon, anyway).

Super Moon hasil tangkapan kamera saya

lampion-lampion mulai di lepaskan ke udara



Kebetulan saat itu kita menyewa mobil yang memang meng-khususkan untuk event tahunan ini. Jadi bayarnya aga' sedikit mahal, tapi semuanya ditanggung beres. Kita memang engga' ikut pawainya sejak pagi, karena kita kepingin mengunjungi museum-museum yang ada di Jogja dulu. 

Jadi kalo ada yang tertarik untuk ikutan jadi pengunjung event tahunan umat Buddha  terbesar se-Asia ini, sering-sering cek websitenya http://www.walubi.or.id/  sekitaran akhir bulan April, ga bakalan nyesel deh, bisa jadi pengalaman seru sepanjang hidup. 





3 comments:

dinoy said...

Wooootttsss!!! Alasan yg sama yg bikin aku pengen hadir juga di perayaan Waisak tahun ini, yaitu gara2 liat Arisan !! Hehee, tp sayang gak jadi karena satu dan lain hal :( Cool article, kak!

Tatz said...

ah, sayang banget ga bisa hadir. next year cobain deh.
gomawoo ^^

Happy Stevany said...

Aaaaa... Pengenn kakakkkkkk... Semoga dikabulkan kekasih hati.. Pengennn...