Travelers' Tale Belok kanan: Barcelona!


(credits: gagasmedia.net)

The review:

Saya baru aja diajak berkeliling mengarungi separuh belahan bumi oleh 4 orang petualang dalam bentuk tulisan. Adhitya Mulya, Alaya Setya, Iman Hidajat dan Ninit yunita adalah ke 4 orang tadi.
Yup, betul banget. ke 4 orang tadi (dua diantaranya adalah sepasang suami istri yang udah pernah bikin beberapa novel sebelumnya) telah membuat sebuah novel unik dengan latar belakang petualangan ke berbagai negara oleh ke 4 tokoh didalamnya dan dibumbui kisah asmara diantara mereka. Novel dengan judul Travelers' Tale Belok kanan: Barcelona! Adalah novel kolaborasi dari ke 4 penulis muda yang kebetulan punya hobi yang sama yaitu jalan-jalan. Sehingga novel ini banyak dibumbui oleh cerita perjalanan mereka. Yang menarik dari novel ini adalah ke empat tokoh tadi merupakan perwakilan dari ke empat penulis sehingga bahasa yang mereka pakai berbeda-beda sesuai penokohan dan gaya tulisan yang biasa mereka pakai.

Adalah Francis Lim, Retno Wulandari, Jusup Hasanuddin dan Farah Babedan yang telah bersahabat sejak SD hingga mereka dewasa dan telah bekerja. Kebetulan karena pekerjaannya lah mereka berada di negara yang berbeda. Farah di kota hoi an, Vietnam. Jusup di Cape Town, Afrika Selatan. Retno di Copenhagen, Denmark. dan Francis sibuk berkeliling negara untuk konser pianonya. Namun persahabatan mereka masih tetap terjalin lewat YM, Email atau telepon. Sebenarnya dibalik persahabatan mereka yang langgeng ada sebuah hubungan yang tumpang tindih karena sebenarnya ada cinta yang bermain disana. Francis mencintai Retno walau ditolak Retno hingga 2 kali, Farah menggilai Francis namun hanya Jusup yang tahu, dan Jusup diam-diam Jatuh hati dengan Farah.
Konflik memuncak manakala Francis mengundang ke tiga sahabatnya untuk hadir pada pesta pernikahannya dengan wanita cantik asal Spanyol di Barcelona karena tiba-tiba Farah bilang pada Jusup bahwa dia akan menghentikan pernikahaan itu.

Lewat keempat tokoh tadi petualangan dimulai. Petualangan (or perjuangan buat Jusup) mereka dari negara tempat mereka bekerja hingga mencapai Barcelona ala backpackers. Secara naratif pula mereka bakal ngegambaranin indahnya kota-kota yang mereka singgahi dan yang paling penting dan unik mereka menyisipkan berbagai macam tips dan siasat yang berkenaan dengan travelling.
Emm..kira-kira apa yah yang bakal terjadi sesampainya mereka berkumpul di Barcelona?
just read the book.

Pokoknya setelah membaca buku ini anda bakal (1) lebih kaya secara wawasan geograpis, (2) mendadak ingin cepat-cepat berlibur atau menjadi packpackers mengikuti jejak mereka dan menggunakan tips-tips yang ada didalamnya,(3) sirik abis, or at least (4) terhibur.

Sayangnya novel ini adalah Novel dengan mistyping dan misskalimat paling banyak yang pernah saya baca. Engga tau karena buru-buru cetak tanpa sempat diteliti lebih details atau para penulis sibuk tanpa sempat membaca ulang novel mereka sebelum naik cetak.

On the lighter note, novel ini bener-bener full of information dan menghibur dengan gaya bertutur yang ngalir (terutama aditya) dan enak untuk terus dibaca-dan dibaca hingga tuntas. Bagus!

Tatz


5 comments:

Ronn said...

Buku ini emang bagus, bikin kita pengen keliling dunia. tapi sayang banget, masih ada kekurangan disana-sini.

Selain masalah editing yang lo bilang.... Untuk buku dengan karakter yg semuanya karakter utama, dengan setting lokasi di belasan tempat di dunia, dengan konflik pribadi masing-masing.... buku ini terlalu tipis. Jadi endingnya terburu-buru n pendalaman karakternya masih kurang. Dan yang paling disayangkan, penggambaran tentang lokasi2 eksotis cuma sekedar numpang lewat... kaya baca brosur.

Coba lo bandingkan dengan Jakarta-Paris via French Kiss-nya Syahmedi Dean... He's so good in describing places.

Tatz said...

yup..gw ngerasa juga kalo pendalaman tokohnya kurang, dan endingnya keburu-buru, masih banyak sebenernya yang bisa diceritain kan?..

tapi kalo dibandingin sama JPVFK itu mah gak sebanding dong..kan dia lokasinya gak banyak, jadi syahmedi bisa lebih detail ngegambarinnya...

alaya said...

makasih ya udah direview disini.
we really appreciate it :)

Tatz said...

wahhh...Trima kasih juga atas kunjungannya...*jarang-jarang niy di sambangi sama pengarangnya langsung..hehehehehe*

CIAO ITALIA! said...

allo salam kenal

:)


CIAO ITALIA!
unmacchiato.blogspot.com