Book Review & The Imaginary Cast: 'The Chronicles of Audy 4R

Judul: The Chronicles of Audy: 4R
Genre: family, comedy
Kategori: fiksi, novel remaja, novel lokal
Penulis: Orizuka
ISBN: 978-602-7742-21-5
Ukuran: 13x19 cm
Tebal: 320 halaman
Harga: Rp. 53.000
Terbit: Juli 2013



Manga.
Iya, cuma satu kata itu yang langsung saya ingat korelasinya ketika melihat kaver novel baru terbitan Penerbit Haru karya kesekian dari penulis muda produktif, Orizuka dengan judul The Chronicles of Audy: 4R. 

Ih, terlalu cepat sekali sih menyimpulkan? 

Lho, kaver novel itu adalah ide besar dari sebuah cerita yang ada di dalamnya kok.......biasanya hehehe... 

Tidak selalu membuat jadi gampang ditebak juga sih, isinya.
Justru menurut saya lebih memudahkan pembacanya untuk langsung menentukan apakah genre bacaan ini yang sedang mereka butuhkan cari atau bukan. 
Menariknya, walau terkesan light, tapi toh novel ini mampu menyihir saya dan mungkin ribuan pembaca lain untuk terus melahap lembar demi lembar dan kalimat demi kalimat untuk sekadar ingin mengetahui kelanjutan alias kepo-in kisah si  tokoh utama 'Audy' ini. Dan itu bukan kerja yang gampang bagi seorang penulis, yet Orizuka nailed it!

Ceritanya sendiri bermula pada seorang gadis muda bernama Audy yang cuma butuh 'salto sekali lagi' buat lulus dan menyandang predikat sarjana pada sebuah perguruan tinggi negeri di Jogja, namun mendadak harus terjegal dengan urusan klasik (baca: ekonomi). Tidak ingin perjuangan akademisnya selama bertahun-tahun sia-sia begitu saja, Audy berinisiatif mencari alternatif tambahan biaya dengan mencari pekerjaan pada kolom iklan di surat kabar lokal yang akhirnya membawa dirinya kepada sebuah keluarga 'unik' dengan awalan R pada semua namanya. 4R alias Regan si sulung-tulang punggung keluarga, Romeo si anak kedua yang super malas dan jorok, Rex anak ketiga yang pendiam dan cerdas serta misterius, serta si bungsu Rafael yang masih balita namun super sotoy. Orang tua mereka kebetulan telah tiada. 
Karena si bungsu masih balita, maka Regan sebagai penanggung-jawab keluarga memerlukan baby sitter buat adiknya itu.

Jabatan baby sitter untuk Rafael dan gaji pertama yang bisa didapat di muka membuat Audy girang dan tanpa pikir panjang langsung meng-iyakan ketika kontrak kerja disodorkan oleh Regan dihadapannya.
Padahal, kalau saja Audy mau membaca dan mencermati kontrak kerja itu, dirinya tentu tidak bakal kecolongan dan mengalami penderitaan ini karena selain menjadi baby sitter, ternyata Audy juga harus menjadi asisten rumah tangga alias babu di rumah yang isinya mahluk cowok semua itu!
dan itu sama aja dengan neraka. 

Tapi apa iya seperti neraka? kan selain pada akhirnya rumah 4R malah jadi pelabuhan terakhirnya karena Audy di usir dari tempat kostnya akibat menunggak sewa, ia mendapati bahwa semua 4R itu adalah pria-pria unik dan tampan dengan karakter kuat masing-masing. 
  
Apa lagi makin kesini, Audy makin terpikat sama aura charming dari Regan yang selalu baik (walau terkesan pelit) pada Audy.
Belum lagi Rex yang misterius tapi sebenarnya perhatian. Hmm, mau diarahkan ke mana sebenarnya kisah cinta Audy ? lebih seru sih langsung baca aja novel terbitan Penerbit Haru ini.

Jangan sedih. Ternyata novel ini bakal ada jilid duanya.

Ah, pantes juga seperti belum tuntas bacanya...can't wait to read the second part of this novel ^^

Walau saya tahu ini novel lokal dengan latar belakang cerita di Jogjakarta, entah kenapa saya kok kaya bisa membayangkan seru banget kalo dieksekusi menjadi k-drama (Karena sinetron mostly ruining our imagination). Jadi aja saya bikin semacam imaginary cast untuk tokoh-tokoh utama di novel ini. Maka setelah sedikit riset umur pemain, mencari karakter yang pas serta berburu foto-foto mereka dan kemudian diutak-atik di photoshop - jadilah poster di bawah ini ^^ - saya bahkan udah bisa membayangkan real scene mereka hohohoho...PASTI SERU!



6 comments:

Anonymous said...

tatzzzzz...gw smp lupa mau beli novel yang ini...hahahahahha :D

Lala Artsita Saraswati said...

Kak, itu fotonya kok pas bgt ya;3 wakakak

Tatz Sutrisno said...

@Lala

Hihihihi, sengaja dan pas baca novel ini entah langsung nge-click sama tokoh2 di atas itu....mirip ya? :)

Indra Jaya Kurniawan said...

wow info yang keren kalau ingin tahu tentang web gratis yukk disini saja. terimakasih

Claudhia Safira said...

Wow, kita punya persamaan persepsi soal Romeo. Orang pertama yang terlintas di otakku juga CNU.... ^^

Tatz Sutrisno said...

Tosss!