[Japan Trip] Keliling Jepang? Yang Pas Pakai JR Pass


Riding Shinkansen like a boss with JR Pass

Dari awal ketika mutusin buat travelling ke Jepang, saya memang berniat buat enggak menetap di satu kota terlalu lama. Sayang banget rasanya untuk berlama-lama di tempat yang sama tanpa berpindah dan tentunya bertualang. Tapi karena keterbatasan waktu cuti, saya juga enggak mungkin selalu menggunakan moda yang terlalu makan waktu lama dalam perjalanan, Hmm...lalu naik apa ya untuk berpindah dari satu kota ke kota lainnya di Jepang? ah, di Jepangkan ada bullet train atau Shinkansen yang kecepatan 'larinya' bisa sampai 300 km/jam. Eh, tapi konon harganya kan mahal. Lirik itinerary perjalanan, se-enggaknya ada 5 target kota yang masuk list dalam 9 hari masa jalan-jalan ini.

Kemudian JR Pass, appear.


JR Pass atau Japan Rail Pass ini semacam tiket terusan kayak di Dufan yang cukup beli satu kali, dan kalian bebas naik wahana apa saja di sana, GRATIS. Well, technically not free actually. Kita sudah beli tiket tersebut di awal. JR Pass ini memang diperuntukkan khusus untuk wisatawan luar negeri yang mau jalan-jalan ke Jepang (yang bahkan bisa bikin local people-nya sirik karena privileged semacam ini enggak mereka dapatkan) atau orang Jepang dengan syarat-syarat tertentu, misalnya dia punya dua kewarga-negaraan, atau tinggal di luar negeri, dan belinya memang harus di luar Jepang.



Lalu gimana cara beli JR Pass ini?

Awalnya, tentu saya juga bertanya ke mbah google gimana dan di mana saya bisa membeli JR Pass ini kalau domisili saya di Indonesia. Lalu bermunculanlah tautan-tautan yang menjual JR Pass secara online dengan berbagai metode.
Kalau kalian macem saya yang masih terlalu 'waspada' buat berurusan dengan pembelian online dari luar negeri pakai cc, maka berbahagialah...karena ternyata kita bisa beli tiket JR Pass di Jakarta tanpa pake acara online-online-an segala. Di Jakarta sendiri saat ini setidaknya ada 3 tempat yang menjual tiket JR Pass dengan harga resmi yang sama (tentunya), yaitu:

  1. JAL Jakarta (Wisma Keiai lantai 2, JL. Jenderal Sudirman, Kav. 3-4, Jakarta, 10220 T.(021) 572-3233) http://www.japanrailpass.net/05/en05_1.html
  2. JALAN TOUR (Wisma KEIAI Bldg. 3rd Floor Jl. Jendral Sudirman Kav. 3-4 Jakarta 10220) http://www.jalan-tour.com/ver03/ina/jrpass/
  3. JTB (Wisma KEIAI lantai 2 Jakarta) https://www.jtbjakarta.com/
Entah kenapa, memang semuanya ada di satu gedung yang sama cuma beda perusahaan ajah. Yang pasti, semuanya bisa menyediakan tiket JR Pass yang kita cari. JTB adalah tempat saya membeli JR Pass untuk saya dan travelling mate saya kali ini. saya tidak tahu dengan yang lainnya, tapi kalau di JTB kalian bisa membeli dalam kurs USD, Yen atau rupiah dan tentunya bisa menggunakan kartu kredit. Saran saya sih, kalau kalian sudah punya Yen lebih baik belinya dengan Yen saja karena jatuhnya lebih murah. 
Untuk bisa membeli JR Pass, saya harus sudah punya stempel visa jepang (tips bikin visanya klik disini).

Jadi urutannya kalau mau travelling ke Jepang: 
1. Beli tiket pesawat 
2. Bikin visa Jepang, setelah dapat visa
3. Baru beli JR Pass 

Eh, harga JR Pass-nya berapa sih? untuk berapa lama?
Tabel di bawah ini cukup ngejelasin ya, berapa harga JR Pass dan untuk berapa lama. Sayangnya sejak April 2014 harga JR Pass sudah naik. Tentunya saya masuk ke JR Pass tipe Ordinary saja, karena yang ordinary-pun gerbong keretanya udah canggih banget, broh!.
Saya waktu itu beli untuk yang 7 hari, harganya di 28.300 Yen (sekitar 3,2 juta rupiah) yang kini jadi 29.110 Yen. Katanya yang tipe Green itu cuma beda di gerbong yang lebih mewah aja, tapi masih dalam rangkaian kereta yang sama. 



Jangan lupa ketika beli JR Pass kalian harus membawa passport ya. Kalau kalian dititipi teman juga harus disertakan passport mereka. Enggak...enggak perlu pakai surat kuasa, kok ^^

Ini penampakan JR Pass sebelum ditukar dengan tiket terusan
di JR Office di Jepang

Ini JR Pass yang sudah ditukar

Tiket yang di-issued oleh kantor pembelian di Jakarta belum berupa tiket fisik yang bisa langsung dipakai ketika di Jepang, jadi kita harus menukarkannya dulu ke JR Office yang sangat memudahkan kita karena terletak di airport. Jadi ketika kita mendarat, kita bisa langsung mencari JR Office dan menukarkannya dengan tiket fisik seperti gambar di atas. Saya waktu itu dari Kansai airport (KIX) langsung memesan tiket kereta Haruka Airport Express di JR Office dan tentunya gratis karena JR Pass sakti mandra guna ini.

di dalam Haruka Airport Express 


Cara pakai JR Pass ini lalu gimana?
Buat kereta shinkansen (kecuali Nozomi-Shinkansen tercepat), kalian bisa langsung naik tanpa memesan tiket untuk kursi karena di shinkansen bakal selalu ada gerbong-gerbong non-reserved seat cukup dengan tunjukin JR Pass kalian ke petugas kereta di atas shinkansen, kecuali kalian bakal pergi dengan shinkansen di jam-jam sibuk atau pas hari libur.  
Buat JR Line lokal (dalam kota) kalian cukup tunjukin JR Pass kalian ke pintu khusus JR Pass di tiap stasiun kereta. Ada yang dicek petugas, ada yang langsung dikasih anggukan kepala saja tanda boleh lewat. 
Jadi selama JR Passnya valid, jangan sampai hilang ya JR Pass ini - anggap saja jadi nyawa ketiga setelah passport hehehe...

bentuk reserved-seat ticket Shinkansen, nih.


JR Pass  itu sekali lagi praktis dan tentunya menekan budget kalau kalian pergi ke beberapa kota di Jepang. Seperti dari Kansai aiport lalu ke Kyoto, kemudian menclok di Tokyo, kemudian iseng-iseng berkelana ke Osaka, kemudian melipir ke Hiroshima (itinerary saya ini sih hehehe). Soalnya ya, kalau enggak pakai JR Pass naik Shinkansen Tokyo-Osaka PP aja bisa 28.000 Yen sendiri, belum ke Kyoto, belum ke kota lainnya...waduh, bisa bangkrut! - Lagipula, JR Pass itu bisa dipakai disemua jariangan JR Line (kecuali Hokkaido kalo gak salah ya) dari kereta, bis sampai kapal ferry. Iya, kapal ferry. Karena waktu saya ke Hiroshima buat nyebrang ke sebuah objek wisata bernama Miyajima di sebuah pulau kecil menggunakan Ferry, saya enggak dipungut biaya apapun untuk naik kapal tersebut, cukup tunjukkan JR Pass saja        
aye! \(^.^)/\(^.^)/\(^.^)/

Catatan saja. JR Pass sangat terpakai di Tokyo dan Osaka untuk jalur kereta dalam kotanya. Tapi kalau di Kyoto lebih baik pakai bus saja karena pemerintahnya berbaik hari buat memberikan kemudahan untuk tujuan wisata, yaitu dengan membuat tiket bus terusan dalam 1 hari seharga 500 Yen, dan sudah bebas untuk naik bus mana saja di Kyoto, menyenangkan kan!

Duuuhhh...Jadi gemes deh rasanya kepingin balik lagi ke Jepang!

tiket terusan bus di Kyoto

41 comments:

FIKi said...

huaaa, tatz, jadi kepengen jalan2 ke Jepang *harusnabungyangbanyakdanrajindulunihgw*

ngilerrr ih pengen naek kereta api yang canggih itu, plus keliling jepangnya pastinyah :D

Ayoo tatz jalan2 lagi, ntar gw bagian menikmati report lo plus foto2 keren nyah ;)

Hf Ananda said...

3.2 juta ini mahal, nak :" . Harus nabung lama buat bisa trip ke Jepang :" .

Sementara, jadi penikmat laporan trip2mu di Jepang saja, lah :3. Hehe

Tatz Sutrisno said...

@FIKi

In sha Allah Fik, di doain biar bisa jalan2 Ke Jepang juga. Thanks for reading my Bloggg *kecups*

Tatz Sutrisno said...

@Hf Ananda,

Terima kasih ya, sudah mampir dan baca blog saya :)

Anonymous said...

kalo pake jrpass apakah bisa naik gratis kereta lokal yang di osaka dan nagoya?

Tatz Sutrisno said...

@Anonymous

Selama itu JRLine bisa

Dee said...

Terima kasih reviewnya, sangat bermanfaat untuk yang cari informasi tentang JR pass seperti saya :)

tika said...

haaai, terima kasih banyak info nya yaa bermanfaat bgt hihi, rencana akhir maret mau ke jepang (osaka, nara, kyoto, hiroshima, tokyo) selama 10 harian.

kalau shinkansen pakai JR Pass ini gratis ya???

Tatz Sutrisno said...

@Dee

Terima kasih sudah mampir membaca blog saya ^^

@Tika
Shinkansen kecuali yg Nozomi - gratis kalau punya JR Pass. Enjoy liburannya yaa ^^ seru banget pasti

Zidane-Azka-Aisyah (Zikansyah) said...

Kalau sudah punya JR Pass, kemudian ingin naik yang reserved seat, apakah harus pergi ke loket dulu untuk pesan seat ?
terimakasih

Tatz Sutrisno said...

@Zidane:

Betul Mbak. Kalau ingin reserved seat memang harus ke loket dulu untuk cetak tiket dan mengetahui no. Seatnya. Karena ada gerbong khusus non reserved ticket, tp kadang suka kehabisan bangku.

Imam Maulana said...

Thanks gan, Kunjungan balik ya http://jrpass.id

aditya putra pradana said...

Wow nice info ...

aditya putra pradana said...

Wow nice info ...

aditya putra pradana said...

Wow nice info ...

Anonymous said...

Maaf mau nanya, untuk menggunakan JR PASS kan disitu maksimal durasinya 21 hari. Kalo untuk menetap tinggal setahun di jepang, kira-kira apa JR PASS masih bisa dipakai?

Tatz Sutrisno said...

Thank you :)

Tatz Sutrisno said...

Untuk bisa mendapatkan JR pass kita harus sudah punya visa Jepang. Tapi setahu saya hanya visa turis. Kalau tinggal selama 1 th tentunya visanya beda. Setahu saya JR pass hanya untuk visa turis.

Fanny Fristhika Nila said...

Mba mau nanya... Aku da baca ttg jr hokkaido, jr kyushu, jr east dll...itu bedanya apa ama jr pass ya? Prlu kita beli juga ato cukup ama jr pass ini?

kevin gunawan said...

Hi, sepertinya untuk sekarang harga JR pass sudah naik sedikit ya, tapi kemarin saya beli di Kenikura tour dapat harga lebih murah dibanding tour lain, semoga membantu.

Thanks

Irma Juwita said...

Hai Mba, mau nanya~ untuk reserve tiket shinkansen bisa beberapa hari sebelum tanggal keberangkatan yang dimau ga? kalau bisa, bisa brp hari sebelum ya? Thanks

Tatz Sutrisno said...

Kebetulan pas ke Jepang aku ga sampai ke Hokkaido, jadi tidak terlalu tahu. Tapi kemungkinan sepanjang itu JR tiketnya dapat dipakai deh cmiiw.

Tatz Sutrisno said...

Thanks update infonya ya...sedih nih bakal merogoh kocek lebih dalam kalau mau ke jepang lain waktu.

Tatz Sutrisno said...

Aku kurang tau ya bisa berapa hari sebelumnya. Selama di sana aku paling satu hari sebelumnya udah reserve.

Korban Kecelakaan Kereta said...


Awesome information..
Keep writing and giving us an amazing information like this..

BW gan kunjungi nyapnyap.com

Yerny Syafnida said...

Dear tatz. Klo mau k hokkaido gak berlaku donk JR Passnya. Saya pengen banget ksana 😮
mohon informasi dari tokyo ke hokkaido trimakasih 🙇

Tatz Sutrisno said...

Hi Yerny...

Karena sy waktu berkunjung ga sampe ke Hokkaido, jadinya kurang tau JR pass saya bisa sampe ke Hokkaido ato gak. Tapi sy barusan iseng googling, memang ada JR PASS khusus hokkaido sih.

Wuyosika Dewi E said...

Dear Tatz, mau tanya kalo cuma 4 hari di Jepang dan cuma 2 kota saja (Tokyo dan Kyoto) kira2 msh perlu gak beli JR pass? Thx

Wuyosika Dewi E said...

Dear Tatz, kalo cuma utk 4 hari dan perjalanan hanya ke Narita - Tokyo - Kyoto - Tokyo- Narita apakah masih lbh hemat dgn beli JR pass? Thx

Tatz Sutrisno said...

Hi Dewi, kalau hanya tokyo-kyoto menurut hemat saya sih terlalu sayang kalau beli JR Pass. Lebih baik coba naik bus malam willer deh. Googling saja u/info lebih lengkapnya tetang bus ini.

PURBANINGRUM SASMITA said...

hallo dear
mau tanya tadi kamu bilang perginya 9 hari tapi beli JR nya seminggu . apakah nggak kurang ? thank you. saya mau pergi 26june sampe tokyo 27 june , kembali ke jkt 6 july , gimana menurut kamu

Tatz Sutrisno said...

Hi, sorry jadi membingungkan ya. Officially nya saya 8 hari berada di Jepang. 9 hari saya hitung dari CGK. Karena terlalu sayang untuk ambil JrPass durasi 14 hr, saya jadi ambil yg 7 hari saja. Ini soal penghematan saja sih :)

Liburan Hemat said...

JR Pass sama shinkansen beda gak si kak?

Tatz Sutrisno said...

Halo Liburan Hemat,
Punya JR Pass artinya bisa naik Shinkansen tanpa bayar lagi seperti penjelasan sy di atas

Hello! said...

hai. mau tanya. mengurus JRPass nya sendiri berapa lama ya? Terima kasih

Tatz Sutrisno said...

@hello!

Bisa ditunggu kok. Seperti membeli tiket di konter ketiga di jkt, dan nanti pas di jepang jg tinggal ngantri untuk tukar dgn jrpass fisiknya

vita nesya said...

Halooi...maaf mau tanya kmrn jr.nya dipake buat kmn aja?
O iyah yg i day pass bus di jyoto bisa dibeli dmn?bs dipake buat semua rute?

Tatz Sutrisno said...

Hi Vita Nesya,
Waktu itu Jrpassnya dipake ke Kyoto, Tokyo, Nikko, Nara, Osaka, & naik ferry ke Miyajima.
1 day pass kyoto bisa beli di Kyoto station (deket halte buahnya) atau hostel2 setempat.

JRAIL said...

Mantap pengalamannya gan
apa lagi ada JR PASS MURAH
jangan lupa kunjungan balik yo mas
ke http://www.jrpassmurah.id

Amriza Satria Putra said...

Mau tanya dong, kalau sudah reserved seat san ternyata tidak jadi naik kereta tsb apakah bisa/tidak masalah untuk naik kereta selanjutnya nya?

Tatz Sutrisno said...

@Amriza,
Ga masalah sih. Paling kalau tidak sempat lagi beli tiket baru bisa pilih gerbong non reserved ticket.