Hari 1 - Ilustrasi

ilustrasi /ilus·tra·si/ n Graf 1 gambar (foto, lukisan) untuk membantu memperjelas isi buku, karangan, dsb; 2 gambar, desain, atau diagram untuk penghias (halaman sampul dsb); 3 (pen-jelasan) tambahan berupa contoh, bandingan, dsb untuk lebih memperjelas paparan (tulisan dsb);-- musik musik yang mengiringi pertunjukan sandiwara di pentas atau melatari film;


Posting tulisan di blog disertai gambar menurut saya adalah perlu banget. 

Karna buat saya, ilustrasi/foto-foto itu wajib ada dalam sebuah cerita. Mau itu ceritanya tentang curhat doang kek, traveling note, sampe yang lebih serius ilustrasi mesti ada. 
Even project report aja perlu loh masukin ilustrasi/figure/gambar pada report mereka. Unsur gambar itukan persuasif, menurut saya. Menguatkan cerita yang udah berbusa-busa kita rangkai. Di lain sisi, penjelasan pada sebuah gambar itukan seperti mewakili seribu kata-kata, atau istilahnya "A picture is worth a thousand words". Makanya, kadang kalo saya lagi males nulis banyak-banyak, saya ganti aja sama gambar banyak-banyak, hehehe...

Sejak mutusin buat aktif lagi ngeblog di blogspot tahun 2011, saya kaya mulai positioning ulang blog saya. Salah satu caranya, saya kepengen banget semua gambar ilustrasi yang saya upload buat mendukung cerita-cerita saya di sini adalah karya saya sendiri kecuali saya kasih credit di captionnya. Apalagi saya sering iseng jeprat-jepret ga jelas walau cuma pake kamera hape. Hobi saya snapping random scenes itu lumayan mendukung hobi saya satunya; yaitu nulis. Prestasinya sih belum ada selain jadi instawhore hahaha....namapun hobi ya cinnn, berprestasi ato tidak asalkan hati seneng aja udah cukup ^^

Eh tapi beberapa foto saya udah jadi bahan ilustrasi buat buku saya  si Seoulvivor sih,  jadi ya gak sekadar hobi ternyata, lumayannn....
Punya Instagram juga bisa ngelatih sense of angle loh (kalo bener ini namanya). Selain latihan cari angle buat diri sendiri supaya pas di foto keliatan kaya 10 kg lebih kurus, ngelatih angle yang pas dalam gambar supaya pas masuk frame jadi keren juga perlu. Saya sih tapi awam banget sama potografi. Selama ini masih pake sense sama feeling aja sih buat nyari gambar mana yang menurut saya Instagenic banget atau at least instagramable fotonya. 
Jadi kalo ada yang bilang (misalkan) foto-foto yang saya ambil bagus, berarti ada dua kemungkinan. Entah emang gambarnya itu Instagenic, atau kebetulan aja saya ngambil gambarnya dari sudut yang bagus. Lagian aplikasi 'pemoles' foto kan sekarang banyak banget bermunculan, baik di hape-hape pintar maupun secara online. Yang penghobi fotografi anti menstrim pasti sebel banget ini hahaha...

Alhasil sekarang saya sering foto-foto apapun itu yang menurut saya bagus masuk ke frame dan instagram. Lumayan nambah-nambah stok ilustrasi made in diri sendiri. Jadi biar ga sering-sering pinjem foto orang gitu lohhh....


#30HariNgeblogRamadhan - Hari 1

No comments: