Hari 15 - Editing

Head Banner untuk Sinemakorea/web

Head banner untuk sinemakorea/FB

Pada prinsipnya, saya suka membuat gambar. I'am a visual person. 
Tapiiiii....karena saya ga bisa nge-gambar 'like a pro' (or even not) maka saya 'banting setir' ke mengutak-ngatik sebuah gambar pakai software komputer semacam Photoshop alias meng-edit gambar. Not like a pro also, levelannya baru lumayan untuk otodidakers macam saya. 

Hobi mengutak-atik gambar saya berkembang seiring perkenalan saya dengan dunia blog sekitar tahun 2004. Karena blog kan selain tulisan juga butuh visualisasi dan semacamnya. Yang paling sering saya buat waktu itu adalah visualisasi untuk head banner. Head Banner biasanya diletakan di kepala sebuah halaman blog. Bikinnya juga tematik. Tergantung mood. Jadi ada saatnya ketika saya sempat mengalami mengutak-atik sendiri blog template saya. Beberapa kode HTMLnya saya rubah demi editing foto saya dapat muncul di templatenya dan voila!, maka saya punya blog yang templatenya one and only (biasa deh, gak mau disamain sama yang laen hehehe) 

Pernah juga ketika masih rajin ikut mengurus sebuah weblog tentang dunia per-dramaan Korea, saya sering banget membuat head banner untuk weblog tersebut. Beberapa tahun belakangan saya sudah mulai jarang membuka photoshop untuk mengedit gambar-gambar. Selain karena kesibukan kantor, passion saya untuk ngedit juga lagi hilang. 

Beruntung sekarang ada smartphone (dengan berbagai platform) dengan segudang aplikasi untuk mengedit gambar. Tidak serumit (dan seberat) photoshop, aplikasi edit gambar ini lebih ringkas tanpa perlu layer-layer ngejelimet dan seribu satu tool editing. Tapi tentunya memang terbatas hasilnya dan tidak se-detail PS. Untuk aplikasi editing gambar via internet, saya paling seneng pakai www.picmonkey.com dan www.befunky.com. dua-duanya ada plus minusnya, menurut saya. 

Kalau cuma bikin water mark untuk foto-foto yang kita ambil dan mau diupload di blog, dua situs barusan amat sangat mumpuni. Saya suka picmonkey untuk font-fontnya dan interfacenya yang lucu. Befunky in the other hand, unggul sama variasi editingnya. Optionnya lebih banyak di Befunky, tapi saya kurang suka sama variasi font-fontnya. Kelebihan picmonkey juga ada pada aplikasi untuk menggabungkan beberapa gambar dalam satu frame, atau collage pictures. Jangan sedih, dua-duanya tak berbayar alias gratis. Befunky bahkan sudah punya aplikasi khusus smartphone berbasis iOS dan  Android. 

interface befunky.com

Interface Picmonkey.com

Jadi contoh ngedit gambarnya (yang lebih simple) kaya gini :

Saya ambil gambar dulu
Kemudian mulai diedit pake salah satu editor pic online tadi
Dan tambahkan kata-kata atau quote seperti ini ^^

 Atau misalkan contoh lainnya yang barusan saya buat hari ini (dan juga menginspirasikan saya buat nulis tema blog hari ini) :

Fotonya saya ambil pas naik motor ke Puncak

Mulai di crop dan di edit

Edit lagi

Lalu jadilah ini ^^
Pada intinya sih saya ga lepas dari hobi ngutak-ngatik gambar ya, soalnya kaya  ada kepuasan tersendiri gitu sama hasil akhir yang dicapai (mau itu jelek ato mendingan) - Yang penting saya tetap berkreasi, dan bisa ngilangin stress juga loh.
Kalau aplikasi edit gambar di smartphone sih lebih banyak dan bervariasi. Selain Instagram, mungkin bisa juga coba aplikasi 360Camera dengan menu editor gambar yang cukup banyak tapi cuma edit gambar, collage, dan adding frame tanpa bisa taruh tulisan di atas gambarnya. Untuk menambahkan tulisan saya biasa pakai 'phonto'. Smartphone saya berbasis Android, btw. Ada juga 'Shape'd' untuk cropping gambar jadi bentuknya ga melulu segi empat. Lalu ada  'FotoRus' yang bisa bikin gif dari rec.mode. Lalu jangan lupa ada 'Line Camera' yang lengkap banget isinya. Bisa ngambil gambar, ngedit, kasih caption, pasangin frame, tambahin sticker dalam 1 aplikasi. Jawara banget deh ini aplikasi :))

hmm...apalagi ya?  oh iya ada satu lagi aplikasi juara yang bikin foto jadi ga lazim, yaitu globe photo yang bisa bikin gambar segi empat mendadak jadi lingkaran kaya globe gitu. Contohnya kaya di bawah ini, keren ya?! ^_^

Paling bagus emang kalo gambarnya berupa gedung-gedung yg berjajar gitu
Dannnn.......ribuan aplikasi-aplikasi editor lainnya yang bertebaran dan gratis (pilih yang gratis aja, bruh!) di Android Market ataupun di Apple Store. Tinggal pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan smartphonenya.
Yuk, cuss ke sana!

#30HariNgeblogRamadhan - Hari 15

1 comment:

thanida said...

This post will surely help me to take right decision,thanks for the great tips!I think the last point is perfect for me.This is brilliant.
ดูบอลสด
ผลบอลเมื่อคืน
ผลบอลสด